
Keamanan Jaringan
Pertemuan I
Pengenalan Keamanan Jaringan
Masalah keamanan merupakan salah satu aspek penting dari sebuah sistem informasi. Sayang sekali masalah keamanan ini sering kali kurang mendapat perhatian dari para pemilik dan pengelola sistem informasi. Seringkali masalah keamanan berada di urutan kedua, atau bahkan di urutan terakhir dalam daftar hal-hal yang dianggap penting. Apabila menggangu performa sistem, seringkali keamanan dikurangi atau ditiadakan.
Informasi saat ini sudah menjadi sebuah komoditi yang sangat penting. Bahkan ada yang mengatakan bahwa kita sudah berada di sebuah “information-based society”. Kemampuan untuk mengakses dan menyediakan informasi secara cepat dan akurat menjadi sangat esensial bagi sebuah organisasi, baik yang berupa organisasi komersial (perusahaan), perguruan tinggi, lembaga pemerintahan, maupun individual(pribadi). Hal ini dimungkinkan dengan perkembangan pesat di bidang teknologi komputer dan telekomunikasi. Dahulu, jumlah komputer sangat terbatas dan belum digunakan untuk menyimpan hal-hal yang sifatnya sensitif. Penggunaan komputer untuk menyimpan informasi yang sifatnya classified baru dilakukan di sekitar tahun 1950-an.
Sangat pentingnya nilai sebuah informasi menyebabkan seringkali informasi diinginkan hanya boleh diakses oleh orang-orang tertentu. Jatuhnya informasi ke tangan pihak lain (misalnya pihak lawan bisnis) dapat menimbulkan kerugian bagi pemilik informasi. Sebagai contoh, banyak informasi dalam sebuah perusahaan yang hanya diperbolehkan diketahui oleh orang-orang tertentu di dalam perusahaan tersebut, seperti misalnya informasi tentang produk yang sedang dalam development, algoritma-algoritma dan teknik-teknik yang digunakan untuk menghasilkan produk tersebut. Untuk itu keamanan dari sistem informasi yang digunakan harus terjamin dalam batas yang dapat diterima.
Jaringan komputer, seperti LAN (Local Area Network) dan Internet, memungkinkan untuk menyediakan informasi secara cepat. Ini salah satu alasan perusahaan atau organisasi mulai berbondong-bondong membuat LAN untuk sistem informasinya dan menghubungkan LAN tersebut ke Internet. Terhubungnya LAN atau komputer ke Internet membuka potensi adanya lubang keamanan (security hole) yang tadinya bisa ditutupi dengan mekanisme keamanan secara fisik. Ini sesuai dengan pendapat bahwa kemudahan (kenyamanan) mengakses informasi berbanding terbalik dengan tingkat keamanan sistem informasi itu sendiri. Semakin tinggi tingkat keamanan, semakin sulit (tidak nyaman) untuk mengakses informasi.
Menurut G. J. Simons, keamanan informasi adalah bagaimana kita dapat mencegah penipuan (cheating) atau, paling tidak, mendeteksi adanya penipuan di sebuah sistem yang berbasis informasi, dimana informasinya sendiri tidak memiliki arti fisik.
Keamanan dan management perusahaan
Seringkali sulit untuk membujuk management perusahaan atau pemilik sistem informasi untuk melakukan investasi di bidang keamanan. Di tahun 1997 majalah Information Week melakukan survey terhadap 1271 system atau network manager di Amerika Serikat. Hanya 22% yang menganggap keamanan sistem informasi sebagai komponen sangat penting (“extremely important”). Mereka lebih mementingkan “reducing cost” dan “improving competitiveness” meskipun perbaikan sistem informasi setelah dirusak justru dapat menelan biaya yang lebih banyak.
Keamanan itu tidak dapat muncul demikian saja. Dia harus direncanakan. Ambil contoh berikut. Jika kita membangun sebuah rumah, maka pintu rumah kita harus dilengkapi dengan kunci pintu. Jika kita terlupa memasukkan kunci pintu pada budget perencanaan rumah, maka kita akan dikagetkan bahwa ternyata harus keluar dana untuk menjaga keamanan. Kalau rumah kita hanya memiliki satu atau dua pintu, mungkin dampak dari budget tidak seberapa. Bayangkan bila kita mendesain sebuah hotel dengan 200 kamar dan lupa membudgetkan kunci pintu. Dampaknya sangat besar. Demikian pula di sisi pengamanan sebuah sistem informasi. Jika tidak kita budgetkan di awal, kita akan dikagetkan dengan kebutuhan akan adanya perangkat pengamanan (firewall, Intrusion Detection System, anti virus, Dissaster Recovery Center, dan seterusnya).
Meskipun sering terlihat sebagai besaran yang tidak dapat langsung diukur dengan uang (intangible), keamanan sebuah sistem informasi sebetulnya dapat diukur dengan besaran yang dapat diukur dengan uang (tangible). Dengan adanya ukuran yang terlihat, mudah-mudahan pihak management dapat mengerti pentingnya investasi di bidang keamanan. Berikut ini adalah berapa contoh kegiatan yang dapat anda lakukan:
Hitung kerugian apabila sistem informasi anda tidak bekerja selama 1 jam, selama 1 hari, 1 minggu, dan 1 bulan. (Sebagai perbandingkan, bayangkan jika server klikbca.com tidak dapat diakses selama beberapa hari. Setiap harinya dia dapat menderita kerugian beberapa miliar rupiah)
Hitung kerugian apabila ada kesalahan informasi (data) pada sistem informasi anda. Misalnya web site anda mengumumkan harga sebuah barang yang berbeda dengan harga yang ada di toko anda.
Hitung kerugian apabila ada data yang hilang, misalnya berapa kerugian yang diderita apabila daftar pelanggan dan invoice hilang dari sistem anda. Berapa biaya yang dibutuhkan untuk rekonstruksi data.
Apakah nama baik perusahaan anda merupakan sebuah hal yang harus dilindungi? Bayangkan bila sebuah bank terkenal dengan rentannya pengamanan data-datanya, bolak-balik terjadi security incidents. Tentunya banyak nasabah yang pindah ke bank lain karena takut akan keamanan uangnya.
Pengelolaan terhadap keamanan dapat dilihat dari sisi pengelolaan resiko (risk management). Lawrie Brown menyarankan menggunakan “Risk Management Model” untuk menghadapi ancaman (managing threats). Ada tiga komponen yang memberikan kontribusi kepada Risk, yaitu Asset, Vulnerabilities, dan Threats.
NO | NAMA KOMPONEN | KETERANGAN |
1 | Assets (Aset) | hardware, software, dokumentasi, data, komunikasi, lingkungan, manusia |
2 | Threats (Ancaman) | pemakai (users), teroris, kecelakaan (accidents), crackers, penjahat kriminal, nasib (acts of God), intel luar negeri (foreign intelligence) |
3 | Vulnerabilities (kelemahan) | software bugs, hardware bugs, radiasi (dari layar, transmisi), tapping, crosstalk, unauthorized users cetakan, hardcopy atau print out, keteledoran (oversight), cracker via telepon, storage media |
Menurut David Icove [John D. Howard, “An Analysis Of Security Incidents On The Internet 1989 - 1995,” PhD thesis, Engineering and Public Policy, Carnegie Mellon University, 1997.] berdasarkan lubang keamanan, keamanan dapat diklasifikasikan menjadi empat, yaitu:
- Keamanan yang bersifat fisik (physical security): termasuk akses orang ke gedung, peralatan, dan media yang digunakan. Contoh :
· Wiretapping atau hal-hal yang ber-hubungan dengan akses ke kabel atau komputer.
· Denial of service, dilakukan misalnya dengan mematikan peralatan atau membanjiri saluran komunikasi dengan pesan-pesan (yang dapat berisi apa saja karena yang diuta-makan adalah banyaknya jumlah pesan).
· Syn Flood Attack, dimana sistem (host) yang dituju dibanjiri oleh permintaan sehingga dia menjadi ter-lalu sibuk dan bahkan dapat berakibat macetnya sistem (hang).
- Keamanan yang berhubungan dengan orang (personel), Contoh :
· Identifikasi user (username dan password)
· Profil resiko dari orang yang mempunyai akses (pemakai dan pengelola).
- Keamanan dari data dan media serta teknik komunikasi (communications).
- Keamanan dalam operasi: Adanya prosedur yang digunakan untuk mengatur dan mengelola sistem keamanan, dan juga ter-masuk prosedur setelah serangan (post attack recovery).
Aspek Keamanan Jaringan
Menurut Garfinkel [Simson Garfinkel,“PGP: Pretty Good Privacy,” O’Reilly & Associ-ates, Inc.,1995.]
1. Privacy / Confidentiality
Defenisi : Menjaga informasi dari orang yang tidak berhak mengakses.
Privacy : lebih kearah data-data yang sifatnya privat , Contoh : e-mail seorang pemakai (user) tidak boleh dibaca oleh administrator.
Confidentiality : Berhubungan dengan data yang diberikan ke pihak lain untuk keperluan tertentu dan hanya diperbolehkan untuk keperluan tertentu tersebut.
Contoh : Data-data yang sifatnya pribadi (seperti nama, tempat tanggal lahir, social security number, agama, status perkawinan, penyakit yang pernah diderita, nomor kartu kredit, dan sebagainya) harus dapat diproteksi dalam penggunaan dan penyebarannya.
Bentuk Serangan : Usaha penyadapan (dengan program sniffer).
Usaha-usaha yang dapat dilakukan untuk meningkatkan privacy dan confidentiality adalah dengan menggunakan teknologi kriptografi.
2. Integrity
Defenisi : Informasi tidak boleh diubah tanpa seijin pemilik informasi.
Contoh : e-mail di intercept di tengah jalan, diubah isinya, kemudian diteruskan ke alamat yang dituju.
Bentuk serangan : Adanya virus, trojan horse, atau pemakai lain yang mengubah informasi tanpa ijin, “man in the middle attack” dimana seseorang menempatkan diri di tengah pembicaraan dan menyamar sebagai orang lain.
3. Authentication
Defenisi : Metoda untuk menyatakan bahwa informasi betul-betul asli, atau orang yang mengakses atau memberikan informasi adalah betul-betul orang yang dimaksud.
Dukungan : Adanya Tools membuktikan keaslian dokumen, dapat dilakukan dengan teknologi watermarking(untuk menjaga “intellectual property”, yaitu dengan menandai dokumen atau hasil karya dengan “tanda tangan” pembuat ) dan digital signature.
Access control, yaitu berkaitan dengan pembatasan orang yang dapat mengakses informasi. User harus menggunakan password, biometric (ciri-ciri khas orang), dan sejenisnya.
4. Availability
Defenisi : Berhubungan dengan ketersediaan informasi ketika dibutuhkan.
Contoh hambatan : “denial of service attack” (DoS attack), dimana server dikirimi permintaan (biasanya palsu) yang bertubi-tubi atau permintaan yang diluar perkiraan sehingga tidak dapat melayani permintaan lain atau bahkan sampai down, hang, crash.
mailbomb, dimana seorang pemakai dikirimi e-mail bertubi-tubi (katakan ribuan e-mail) dengan ukuran yang besar sehingga sang pemakai tidak dapat membuka e-mailnya atau kesulitan mengakses e-mailnya.
5. Access Control
Defenisi : Cara pengaturan akses kepada informasi. berhubungan dengan masalah authentication dan juga privacy
Metode : Menggunakan kombinasi userid/password atau dengan menggunakan mekanisme lain.
6. Non-repudiation
Defenisi : Aspek ini menjaga agar seseorang tidak dapat menyangkal telah melakukan sebuah transaksi. Dukungan bagi electronic commerce.
Serangan Terhadap Keamanan Sistem Informasi
Menurut W. Stallings [William Stallings, “Network and Internetwork Security,” Prentice Hall, 1995.] serangan (attack) terdiri dari :
Interruption : Perangkat sistem menjadi rusak atau tidak tersedia. Serangan ditujukan kepada ketersediaan (availability) dari sistem. Contoh serangan adalah “denial of service attack”.
Interception : Pihak yang tidak berwenang berhasil mengakses asset atau informasi. Contoh dari serangan ini adalah penyadapan (wiretapping).
Modification : Pihak yang tidak berwenang tidak saja berhasil mengakses, akan tetapi dapat juga mengubah (tamper) aset. Contoh dari serangan ini antara lain adalah mengubah isi dari web site dengan pesan-pesan yang merugikan pemilik web site.
Fabrication : Pihak yang tidak berwenang menyisipkan objek palsu ke dalam sistem. Contoh dari serangan jenis ini adalah memasukkan pesan-pesan palsu seperti e-mail palsu ke dalam jaringan komputer.
Istilah-istilah keamanan jaringan komputer
Hacking adalah setiap usaha atau kegiatan di luar izin atau sepengetahuan pemilik jaringan untuk memasuki sebuah jaringan serta mencoba mencuri file seperti file password dan sebagainya.
Pelakunya disebut hacker yang terdiri dari seorang atau sekumpulan orang yang secara berkelanjutan berusaha untuk menembus sistem pengaman kerja dari operating system suatu komputer.
Cracker adalah Seorang atau sekumpulan orang yang memang secara sengaja berniat untuk merusak dan menghancurkan integritas di seluruh jaringan sistem komputer dan tindakannya dinamakan cracking.
Denial of service : Membanjiri suatu IP address dengan data sehingga menyebabkan crash atau kehilangan koneksinya ke internet.
Distributed Denial of Service : Memakai banyak komputer untuk meluncurkan serangan DoS. Seorang hacker “menculik” beberapa komputer dan memakainya sebagai platform untuk menjalankan serangan, memperbesar intensitasnya dan menyembunyikan identitas si hacker.
Theft of Information : Penyerang akan mencuri informasi rahasia dari suatu perusahaan. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan program pembobol password, dan lain-lain.
Corruption of Data: Penyerang akan merusak data yang selama ini disimpan dalam harddisk suatu host.
Spoofing, yaitu sebuah bentuk kegiatan pemalsuan di mana seorang hacker memalsukan (to masquerade) identitas seorang user hingga dia berhasil secara ilegal logon atau login ke dalam satu jaringan komputer seolah-olah seperti user yang asli.
Sniffer adalah kata lain dari "network analyser" yang berfungsi sebagai alat untuk memonitor jaringan komputer. Alat ini dapat dioperasikan hampir pada seluruh tipe protokol seperti Ethernet, TCP/IP, IPX, dan lainnya.
Password Cracker adalah sebuah program yang dapat membuka enkripsi sebuah password atau sebaliknya malah untuk mematikan sistem pengamanan password.
Destructive Devices adalah sekumpulan program virus yang dibuat khusus untuk melakukan penghancuran data-data, di antaranya Trojan Horse, Worms, Email Bombs, dan Nukes.
Scanner adalah sebuah program yang secara otomatis akan mendeteksi kelemahan (security weaknesses) sebuah komputer di jaringan lokal (local host) ataupun komputer di jaringan dengan lokasi lain (remote host). Oleh karena itu, dengan menggunakan program ini, seorang hacker yang secara fisik berada di Inggris dapat dengan mudah menemukan security weaknesses pada sebuah server di Amerika ataupun di belahan dunia lainnya, termasuk di Indonesia, tanpa harus meninggalkan ruangannya!
Pertemuan II
Dasar-dasar Keamanan Sistem Informasi
Pengamanan Informasi
Pengamanan data dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu: steganography dan cryptography.
1. Steganography
1. Steganography
Steganography adalah seni dan ilmu untuk menyembunyikan pesan dalam sebuah pesan. Di jaman dahulu diceritakan oleh Herodotus bahwa orang Yunani kuno menyembunyikan pesan dengan cara membuat tattoo di kepala pembawa berita yang dibotaki dan menunggu sampai rambutnya tumbuh. Tentunya cara ini tidak cocok untuk mengirimkan berita dengan cepat. Cara lain untuk menyembunyikan pesan adalah dengan menggunakan invisible ink (tinta yang tidak nampak). Tulisan yang ditulis dengan menggunakan invisible ink ini hanya dapat dibaca jika kertas tersebut di letakkan di atas lampu (atau diarahkan ke matahari). Ketika perang dunia pertama, orang Jerman menyembunyikan pesan dalam bentuk microdot, yaitu titik-titik yang kecil. Agen dapat membuat foto kemudian mengecilkannya sampai sekecil titik di tulisan dalam buku. Buku ini kemudian bisa dibawa-bawa tanpa ada yang curiga bahwa tanda titik di dalam tulisan di buku itu berisi pesan ataupun gambar. Dalam dunia teknologi yang moderen, pesan dapat disembunyikan di balik citra (image), misalnya. Pesan dapat dikodekan dalam low-order bit sehingga tidak terlalu mengganggu gambar (image) yang ditampilkan.
2. Kriptografi (Cryptography)
Ilmu dan seni untuk menjaga agar pesan aman. Kriptografi adalah suatu cara bagaimana caranya agar pengiriman suatu pesan dapat dilakukan dengan aman. Crypto berarti secret (rahasia), sedangkan graphy berarti writing (tulisan). Cara yang dilakukan dalam menggunakan media elektronik adalah dengan menyandikan informasi dengan suatu kode tertentu (encryption) sehingga tidak bisa terbaca (ciphertext) dan mengembalikan hasil sandi tersebut (decryption) sehingga dapat dibaca oleh penerima pesan (plaintext). Tugas utama Cryptogrphy adalah untuk menjaga agar baik plaintext maupun kunci ataupun keduanya tetap terjaga kerahasiaannya dari penyadap (disebut juga dengan lawan, penyerang, pencegat, penyelundup pesan, musuh, attacker dan sebagainya).
Selain untuk keamanan, manfaat dari Cryptography ini adalah untuk:
– Authentication. Penerima pesan dapat memastikan keaslian pengirimnya. Penyerang tidak dapat berpura-pura sebagai orang lain.
– Integrity, Penerima harus dapat memeriksa apakah pesan telah dimodifikasi
ditengah jalan atau tidak. Seorang penyusup seharusnya tidak dapat memasukkan
tambahan ke dalam pesan, mengurangi atau merubah pesan selama data berada diperjalanan.
ditengah jalan atau tidak. Seorang penyusup seharusnya tidak dapat memasukkan
tambahan ke dalam pesan, mengurangi atau merubah pesan selama data berada diperjalanan.
– Nonrepudiation. Pengirim seharusnya tidak dapat mengelak bahwa dialah pengirim
pesan sesungguhnya. Tanpa Cryptography, seseorang dapat mengelak bahwa dialah
pengirim pesan yang sesungguhnya.
pesan sesungguhnya. Tanpa Cryptography, seseorang dapat mengelak bahwa dialah
pengirim pesan yang sesungguhnya.
– Authority. Informasi yang berada pada sistem jaringan seharusnya hanya dapat dimodifikasi oleh pihak yang berwenang. Modifikasi yang tidak diinginkan, dapat berupa penulisan tambahan pesan, pengubahan isi, pengubahan status,penghapusan, pembuatan pesan baru (pemalsuan), atau menyalin pesan untuk digunakan oleh penyerang.
Dasar-dasar Enkripsi(Encryption)
Secara matematis,
– Proses atau fungsi enkripsi (E) dapat diulis sebagai: E(M)=C
– Proses atau fungsi dekripsi (D) dapat diulis sebagai: D(C)=M dimana : M adalah plaintext (message) dan C adalah ciphertext.
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. Di bidang kriptografi, enkripsi ialah proses mengamankan suatu informasi dengan membuat informasi tersebut tidak dapat dibaca tanpa bantuan pengetahuan khusus. Dikarenakan enkripsi telah digunakan untuk mengamankan komunikasi di berbagai negara, hanya organisasi-organisasi tertentu dan individu yang memiliki kepentingan yang sangat mendesak akan kerahasiaan yang menggunakan enkripsi. Di pertengahan tahun 1970-an, enkripsi kuat dimanfaatkan untuk pengamanan oleh sekretariat agen pemerintah Amerika Serikat pada domain publik, dan saat ini enkripsi telah digunakan pada sistem secara luas, seperti Internet e-commerce, jaringan Telepon bergerak dan ATM pada bank.
Enkripsi dapat digunakan untuk tujuan keamanan, tetapi teknik lain masih diperlukan untuk membuat komunikasi yang aman, terutama untuk memastikan integritas dan autentikasi dari sebuah pesan. Contohnya, Message Authentication Code (MAC) atau digital signature. Penggunaan yang lain yaitu untuk melindungi dari analisis jaringan komputer.
Elemen Dari Enkripsi
a. Algoritma dari enkripsi dan dekripsi
b. Kunci yang digunakan dan panjangnya kunci
c. Plaintext adalah pesan aau informasi yang akan dikirimkan dalam format yang mudah dibaca atau dalam benuk aslinya.
d. Chipertex adalah informasi yang sudah dienkripsi
Aplikasi dari Enkripsi
Contoh penggunaan enkripsi adalah Program Pretty Good Privacy (PGP),dan secure shell(SSH).
a. Program PGP digunakan untuk mengenkripsi dan menambahkan digital signature dalam email yang dikirim.
b. Pogranm SSH digunakan untuk mengenkripsi session telnet kesebuah host.
Kelemahan Enkripsi
1. Penanganan yang salah atau kesalahan manusia
2. Kurangnya manajemen dalam enkripsi.
3. Seranganbrute force
Keamanan Mail Server
Tentang Email
Email merupakan aplikasi yang paling populer di Internet. e-mail adalah sebuah pesan komputer elektronik.Selain merupakan sebuah media komunikasi informal dengan teman-teman, e-mail juga dapat digunakan sebagai media komunikasi formal dengan organisasi dan para professional melalui sebuah jaringan komputer. E-mail merupakan sarana yang cepat, murah dan dapat dikirim langsung pada banyak penerima. Biasanya, e-mail lebih informal dan komunikatif dibanding surat tradisional.
Jenis E-mail
– Response (Balasan) : Gunakan judul yang sama, awali dengan "RE:"
– Request (Permintaan) : REQ atau Request
– Critical message (Pesan Penting): URGENT
– Proprietary (Pribadi) : PROPRIETARY/ CONFIDENTIAL (rahasia)
Masalah email
– Disadap
– Dipalsukan
– Spamming
– Mailbomb
– Relay
Komponen Email
Sistem email memiliki dua komponen
– Mail User Agent (MUA)Berhubungan dengan pengguna.Contoh: elm, mutt, pine,
pegasus, eudora, netscape, outlook
pegasus, eudora, netscape, outlook
– Mail Transfer Agent (MTA)Yang melakukan pengiriman email.Contoh: sendmail, qmail, postfix, exchange
Contoh Email
Di definisikan oleh RFC 822
– Header
Seperti amplop, berisi informasi tentang alamat pengirim dan yang dituju.
Seperti amplop, berisi informasi tentang alamat pengirim dan yang dituju.
– Body
Isi dari surat. Dipisahkan dari header dengan sebuah baris kosong.
Isi dari surat. Dipisahkan dari header dengan sebuah baris kosong.
Penyadapan email - confidentiality problem
– Email seperti kartu pos (postcard) yang dapat dibaca oleh siapa saja. Terbuka.
– Email dikirimkan oleh MTA ke “kantor pos” terdekat untuk diteruskan ke “kantor
pos” berikutnya. Hopping. Sampai akhirnya di tujuan.
pos” berikutnya. Hopping. Sampai akhirnya di tujuan.
– Potensi penyadapan dapat terjadi di setiap titik yang dilalui.
Objek yang disadap adalah layanan komunikasi yang menggunakan/melintasi network operator, access operator, dan atau layanan internet melalui service provider. Dalam lawful interception, layanan internet didefiniskan sebagai :
– Akses ke internet itu sendiri
– Layanan-layanan yang menggunakan internet, seperti
– Browsing ke World Wide Web
– Email
– Groups
– Chat dan icq
– Voice over IP
– File transfer Protocol (FTP)
– Telnet- dan segala hal yang melintasi internet protocol.
Bagaimana jika lalu lintas data yang dienkrip ? misal:
– Secure e-mail (contoh PGP, MIME)
– Secure surfing menggunakan HTTPS sepetri SSL, TLS- Virtual Privat Network
– Secure (VPNs) seperti pgp-phone
JIKA lalu lintas data yang dienkrip tersebut menggunakan jaringan Nerwork Operator/ Access Provider / Service Provider MAKA data yang terenkripsi tersebut harus ‘ditelanjangi/dikuliti’ dahulu sebelum dikirimkan dan atau data kunci atau enkriptor yang dibuat harus sesuai dengan yang disediakan oleh Law Enforcement Agency (LEA), kecuali hal tersebut diatas adalah merupakan tantangan bagi LEA untuk meningkatkan sisi teknis lawful interception.
Tindakan penyadapan yang dilakukan mengacu pada dua standar, yaitu
1. European Telecommunications Standards Institute (ETSI), berbasis di prancis
2. Communications Assistance for Law Enforcement Act (Calea), berbasis di USA
Proteksi terhadap penyadapan
– Menggunakan enkripsi untuk mengacak isi surat
– Contoh proteksi: PGP, PEM
Email palsu
– Mudah membuat email palsu dengan membuat header sesuka anda.
– Email palsu ini kemudian dikirimkan via MTA atau langsung via SMTP
– Aktivitas tercatat di server dalam berkas log
Proteksi: email palsu
– Lihat header untuk mengetahui asal email
– Menggunakan digital signature
Spamming
SPAM adalah unsolicited email (email yang tidak diminta) yang dikirim ke banyak orang.
Contoh kiriman email yang berisi spam: iklan, advertensi, tawaran untuk bergabung ke MLM, undian, informasi palsu, phishing, penipuan. Ya, TechScape selalu berusaha memerangi siapapun yang melakukan spam.
– Mengirim satu email ke banyak orang
– Proteksi: MTA dipasang proteksi terhadap spamming (RBL)
Mailbomb
– Mengirim banyak email ke satu orang
– Proteksi: membatasi ukuran email, quota disk, menggunakan filter khusus
Mail relay
– Menggunakan server orang lain untuk mengirimkan email
– Akibat:
a. Bandwidth orang lain terpakai untuk mengirim email tersebut (yang biasanya
banyak)
banyak)
b. Mengelabui penerima email
Mail relay Adalah fasilitas untuk mengirimkan email dengan menumpangkan kepada server yang di sebut relay. Server tersebutlah yang nantinya mengirimkan email ke alamat tujuan. Fasilitas ini digunakan untuk mengurangi beban dari workstation atau PC untuk mengirimkan email dengan melakukan sentralisasi pengiriman email. Akan tetapi sayangnya fasilitas ini sering diabuse untuk mengirimkan junk mail, yang disebut spamming, dengan menumpang mail server milik orang lain. Akibat dari tumpangan ini, mail server tersebut menjadi terbebani dan dijadikan tempat untuk meluncurkan spamming. Agar sistem anda tidak ditumpangi oleh orang-orang yang tidak berhak menggunakan mail server anda, maka anda harus mengkonfigurasi mail server sehingga tidak boleh dijadikan relay oleh orang lain (kecuali oleh user anda).
Pertemuan XIII
Eksploitasi Keamanan
Anatomi Suatu Serangan Hacking
1. Footprinting. Mencari rincian informasi terhadap sistem-sistem untuk dijadikan sasaran, mencakup pencarian informasi dengan search engine, whois, dan DNS zone transfer.
2. Scanning. Terhadap sasaran tertentu dicari pintu masuk yang paling mungkin. Digunakan ping sweep dan port scan.
3. Enumeration. Telaah intensif terhadap sasaran, yang mencari user account absah, network resource and share, dan aplikasi untuk mendapatkan mana yang proteksinya lemah.
4. Gaining Access. Mendapatkan data lebih banyak lagi untuk mulai mencoba mengakses sasaran. Meliputi mengintip dan merampas password, menebak password, serta melakukan buffer overflow.
5. Escalating Privilege. Bila baru mendapatkan user password di tahap sebelumnya, di tahap ini diusahakan mendapat privilese admin jaringan dengan password cracking atau exploit sejenis getadmin, sechole, atau lc_messages.
6. Pilfering. Proses pengumpulan informasi dimulai lagi untuk mengidentifikasi mekanisme untuk mendapatkan akses ke trusted system. Mencakup evaluasi trust dan pencarian cleartext password di registry, config file, dan user data.
7. Covering Tracks. Begitu kontrol penuh terhadap sistem diperoleh, maka menutup jejak menjadi prioritas.Meliputi membersihkan network log dan penggunaan hide tool seperti macam-macam rootkit dan file streaming.
8. Creating Backdoors. Pintu belakang diciptakan pada berbagai bagian dari sistem untuk memudahkan masuk kembali ke sistem ini dengan cara membentuk user account palsu, menjadwalkan batch job, mengubah startup file, menanamkan servis pengendali jarak jauh serta monitoring tool, dan menggantikan aplikasi dengan trojan.
9. Denial of Service. Bila semua usaha di atas gagal, penyerang dapat melumpuhkan sasaran sebagai usaha terakhir. Meliputi SYN flood, teknik-teknik ICMP, Supernuke, land/latierra, teardrop, bonk, newtear, trincoo, smurf, dan lain-lain.
Pada tahap 1 (footprinting), hacker baru mencari-cari sistem mana yang dapat disusupi.
Footprinting merupakan kegiatan pencarian data berupa:
• Menentukan ruang lingkup (scope) aktivitas atau serangan
• Network enumeration
• Interogasi DNS
• Mengintai jaringan
Semua kegiatan ini dapat dilakukan dengan tools dan informasi yang tersedia bebas di Internet. Kegiatan footprinting ini diibaratkan mencari informasi yang tersedia umum melalui buku telepon. Tools yang tersedia untuk ini di antaranya
• Teleport Pro: Dalam menentukan ruang lingkup, hacker dapat men-download keseluruhan situs-situs web yang potensial dijadikan sasaran untuk dipelajari alamat, nomor telepon, contact person, dan lain seagainya.
• Whois for 95/9/NT: Mencari informasi mengenai pendaftaran domain yang digunakan suatu organisasi. Di sini ada bahaya laten pencurian domain (domain hijack).
• NSLookup: Mencari hubungan antara domain name dengan IP address.
• Traceroute 0.2: Memetakan topologi jaringan, baik yang menuju sasaran maupun konfigurasi internet jaringan sasaran.
Tahap 2 atau scanning lebih bersifat aktif terhadap sistem-sistem sasaran. Di sini diibaratkan hacker sudah mulai mengetuk-ngetuk dinding sistem sasaran untuk mencari apakah ada kelemahannya. Kegiatan scanning dengan demikian dari segi jaringan sangat 'berisik' dan mudah dikenali oleh sistem yang dijadikan sasaran, kecuali menggunakan stealth scanning. Scanning tool yang paling legendaris adalah nmap (yang kini sudah tersedia pula untuk Windows 9x/ME maupun DOS), selain SuperScan dan UltraScan yang juga banyak digunakan pada sistem Windows. Untuk melindungi diri anda dari kegiatan scanning adalah memasang firewall seperti misalnya Zone Alarm, atau bila pada keseluruhan network, dengan menggunakan IDS (Intrusion Detection System) seperti misalnya Snort.
Tahap 3 atau enumerasi sudah bersifat sangat intrusif terhadap suatu sistem. Di sini penyusup mencari account name yang absah, password, serta share resources yang ada. Pada tahap ini, khusus untuk sistem-sistem Windows, terdapat port 139 (NetBIOS session service) yang terbuka untuk resource sharing antar-pemakai dalam jaringan. Anda mungkin berpikir bahwa hard disk yang di-share itu hanya dapat dilihat oleh pemakai dalam LAN saja. Kenyataannya tidak demikian. NetBIOS session service dapat dilihat oleh siapa pun yang terhubung ke Internet di seluruh dunia! Tools seperti Legion, SMBScanner , atau SharesFinder membuat akses ke komputer orang menjadi begitu mudah (karena pemiliknya lengah membuka resource share tanpa password).
Tahap 4 atau gaining access adalah mencoba mendapatkan akses ke dalam suatu sistem sebagai user biasa. Ini adalah kelanjutan dari kegiatan enumerasi, sehingga biasanyadi sini penyerang sudah mempunyai paling tidak user account yang absah, dan tinggal mencari passwordnya saja. Bila resource share-nya diproteksi dengan password, maka password ini dapat saja ditebak (karena banyak yang menggunakan password sederhana dalam melindungi komputernya). Menebaknya dapat secara otomatis melalui dictionary attack (mencobakan kata-kata dari kamus sebagai password) atau brute-force attack (mencobakan kombinasi semua karakter sebagai password). Dari sini penyerang mungkin akan berhasil memperoleh logon sebagai user yang absah.
Tahap 5 atau Escalating Privilege mengasumsikan bahwa penyerang sudah mendapatkan logon access pada sistem sebagai user biasa. Penyerang kini berusaha naik kelas menjadi admin (pada sistem Windows) atau menjadi root (pada sistem Unix/Linux). Teknik yang digunakan sudah tidak lagi dictionary attack atau brute-force attack yang memakan waktu itu, melainkan mencuri password file yang tersimpan dalam sistem dan memanfaatkan kelemahan sistem. Pada sistem Windows 9x/ME password disimpan dalam file .PWL sedangkan pada Windows NT/2000 dalam file .SAM. Bahaya pada tahap ini bukan hanya dari penyerang di luar sistem, melainkan lebih besar lagi bahayanya adalah 'orang dalam' yaitu user absah dalam jaringan itu sendiri yang berusaha 'naik kelas' menjadi admin atau root.
Pada tahap 6, 7, dan 8 penyerang sudah berada dan menguasai suatu sistem dan kini berusaha untuk mencari informasi lanjutan (pilfering), menutupi jejak penyusupannya (covering tracks), dan menyiapkan pintu belakang (creating backdoor) agar lain kali dapat dengan mudah masuk lagi ke dalam sistem. Adanya Trojan pada suatu sistem berarti suatu sistem dapat dengan mudah dimasuki penyerang tanpa harus bersusah payah melalui tahapan-tahapan di atas, hanya karena kecerobohan pemakai komputer itu sendiri.
Terakhir, denial of service, bukanlah tahapan terakhir,melainkan kalau penyerang sudah frustrasi tidak dapat masuk ke dalam sistem yang kuat pertahanannya, maka yang dapat dilakukannya adalah melumpuhkan saja sistem itu dengan menyerangnya menggunakan paket-paket data yang bertubi-tubi sampai sistem itu crash. Denial of service attack sangat sulit dicegah, sebab memakan habis bandwidth yang digunakan untuk suatu situs. Pencegahannya harus melibatkan ISP yang bersangkutan. Para script kiddies yang pengetahuan hacking-nya terbatas justru paling gemar melakukan kegiatan yang sudah digolongkan tindakan kriminal di beberapa negara ini.
Pertemuan XIV
Keamanan Wireless Networking
Wireless LAN
Koneksi:connection antar suatu perangkat dengan perangkat lainnya tanpa menggunakan kabel:cable. Jaringan komputer yang terhubung melalui tanpa kabel. Local Area Network dari komputer dan peralatan lainnya yang berkomunikasi lewat sinyal radio atau gelombang cahaya. Sistem ini berguna apabila penyambungan lewat koneksi kabel atau serat optik cukup mahal atau untuk aplikasi koneksi bergerak.
Teknologi komunikasi data dengan tidak menggunakan kabel untuk menghubungkan antara klien dan server. Secara umum teknologi Wireless LAN hampir sama dengan teknologi jaringan komputer yang menggunakan kabel (Wire LAN atau Local Area Network).
Teknologi Wireless LAN ada yang menggunakan frekuensi radio untuk mengirim dan menerima data yang tentunya mengurangi kebutuhan atau ketergantungan hubungan melalui kabel. Akibatnya pengguna mempunyai mobilitas atau fleksibilitas yang tinggi dan tidak tergantung pada suatu tempat atau lokasi. Teknologi Wireless LAN juga memungkinkan untuk membentuk jaringan komputer yang mungkin tidak dapat dijangkau oleh jaringan komputer yang menggunakan kabel.
Teknologi Wireless LAN ada yang menggunakan frekuensi radio untuk mengirim dan menerima data yang tentunya mengurangi kebutuhan atau ketergantungan hubungan melalui kabel. Akibatnya pengguna mempunyai mobilitas atau fleksibilitas yang tinggi dan tidak tergantung pada suatu tempat atau lokasi. Teknologi Wireless LAN juga memungkinkan untuk membentuk jaringan komputer yang mungkin tidak dapat dijangkau oleh jaringan komputer yang menggunakan kabel.
Komponen-komponen Wireless :
1. Access Point (AP)
Pada WLAN, alat untuk mentransmisikan data disebut dengan Access Point dan terhubung dengan jaringan LAN melalui kabel. Fungsi dari AP adalah mengirim dan menerima data, sebagai buffer data antara WLAN dengan Wired LAN, mengkonversi sinyal frekuensi radio (RF) menjadi sinyal digital yang akan disalukan melalui kabel atau disalurkan keperangkat WLAN yang lain dengan dikonversi ulang menjadi sinyal frekuensi radio.Satu AP dapat melayani sejumlah user sampai 30 user. Karena dengan semakin banyaknya user yang terhubung ke AP maka kecepatan yang diperoleh tiap user juga akan semakin berkurang. Ini beberapa contoh produk AP dari beberapa vendor.
2. Extension Point
Untuk mengatasi berbagai problem khusus dalam topologi jaringan, designer dapat menambahkan extension point untuk memperluas cakupan jaringan. Extension point hanya berfungsi layaknya repeater untuk client di tempat yang lebih jauh. Syarat agar antara akses point bisa berkomunikasi satu dengan yang lain, yaitu setting channel di masing-masing AP harus sama. Selain itu SSID (Service Set Identifier) yang digunakan juga harus sama. Dalam praktek dilapangan biasanya untuk aplikasi extension point hendaknya dilakukan dengan menggunakan merk AP yang sama.
3. Antena
Antena merupakan alat untuk mentransformasikan sinyal radio yang merambat pada sebuah konduktor menjadi gelombang elektromagnetik yang merambat diudara. Antena memiliki sifat resonansi, sehingga antena akan beroperasi pada daerah tertentu. Ada beberapa tipe antena yang dapat mendukung implementasi WLAN, yaitu :
a. Antena omnidirectional
Yaitu jenis antena yang memiliki pola pancaran sinyal kesegala arah dengan daya yang sama. Untuk menghasilkan cakupan area yang luas, gain dari antena omni directional harus memfokuskan dayanya secara horizontal (mendatar), dengan mengabaikan pola pemancaran ke atas dan kebawah, sehingga antena dapat diletakkan ditengah-tengah base station. Dengan demikian keuntungan dari antena jenis ini adalah dapat melayani jumlah pengguna yang lebih banyak. Namun, kesulitannya adalah pada pengalokasian frekuensi untuk setiap sel agar tidak terjadi interferensi
b. Antena directional
Yaitu antena yang mempunyai pola pemancaran sinyal dengan satu arah tertentu. Antena ini idealnya digunakan sebagai penghubung antar gedung atau untuk daerah yang mempunyai konfigurasi cakupan area yang kecil seperti pada lorong-lorong yang panjang.
4. Wireless LAN Card
WLAN Card dapat berupa PCMCIA (Personal Computer Memory Card International Association), ISA Card, USB Card atau Ethernet Card. PCMCIA digunakan untuk notebook, sedangkan yang lainnya digunakan pada komputer desktop. WLAN Card ini berfungsi sebagai interface antara sistem operasi jaringan client dengan format interface udara ke AP. Khusus notebook yang keluaran terbaru maka WLAN Cardnya sudah menyatu didalamnya. Sehingga tidak keliatan dari luar.
WPA (WI-FI Protected Access)
WPA (bahasa Inggris: Wi-Fi Protected Access) adalah suatu sistem yang juga dapat diterapkan untuk mengamankan jaringan nirkabel. Metoda pengamanan dengan WPA ini diciptakan untuk melengkapi dari sistem yamg sebelumnya, yaitu WEP. Para peneliti menemukan banyak celah dan kelemahan pada infrastruktur nirkabel yang menggunakan metoda pengamanan WEP. Sebagai pengganti dari sistem WEP, WPA mengimplementasikan layer dari IEEE, yaitu layer 802.11i. Nantinya WPA akan lebih banyak digunakan pada implementasi keamanan jaringan nirkabel. WPA didesain dan digunakan dengan alat tambahan lainnya, yaitu sebuah komputer pribadi (PC). Fungsi dari komputer pribadi ini kemudian dikenal dengan istilah authentication server, yang memberikan key yang berbeda kepada masing–masing pengguna/client dari suatu jaringan nirkabel yang menggunakan akses point sebagai media sentral komunikasi. Seperti dengan jaringan WEP, metoda enkripsi dari WPA ini juga menggunakan algoritma RC4. Pengamanan jaringan nirkabel dengan metoda WPA ini, dapat ditandai dengan minimal ada tiga pilihan yang harus diisi administrator jaringan agar jaringan dapat beroperasi pada mode WPA ini. Ketiga menu yang harus diisi tersebut adalah:
- Server
Komputer server yang dituju oleh akses point yang akan memberi otontikasi kepada client. beberapa perangkat lunak yang biasa digunakan antara lain freeRADIUS, open RADIUS dan lain-lain.
- Port
Nomor port yang digunakan adalah 1812.
- Shared Secret
Shared Secret adalah kunci yang akan dibagikan ke komputer dan juga kepada client secara transparant.
TKIP Attack
WPA menerapkan dua modus yang dapat digunakan untuk memastikan keamanan data yang dikirimkannya selama transmisi data, TKIP dan (AES)-CCMP. TKIP merupakan sebuah protokol yang mengimplementasian fungsi penggabunga kunci dengan vektor inisialisasi di setiap paketnya. Selain itu, TKIP dilengkapi dengan pengecekan integritas pesan yang dikenal dengan MIC atau MICHAEL. Sebuah kemampuan untuk mencegah serangan-serangan sederhana juga ditambahkan dengan sebuah pencacah yang mendeteksi serangan-serangan tersebut. Pencacah ini akan memastikan setiap data yang dikirim dapat diterima sesuai dengan urutan data sehingga tidak dimungkinkan terjadinya serangan. Namun, serangan terhadap TKIP dapat dilakukan dengan mengambil potongan-potongan data yang dikirimkan. Serangan dilancarkan dengan mengambil paket-paket data kecil yang ditransmisikan oleh access point. Paket-paket ini biasanya merupakan paket yang sangat mudah dikenali berdasarkan ukurannya yang kecil dan sangat mencolok perbedaannya dibandingkan dengan paket-paket data lain, seperti paket-paket data permintaan dan respon ARP. Paket-paket tersebut dikirimkan secara broadcast dalam satu jaringan sehingga memungkinkan untuk mengambil paket data tersebut. Dalam paket-paket tersebut, terdapat alamat perangkat pengirim dan penerima paket data yang tidak dilindungi oleh WEP maupun TKIP. Dengan menggunakan serangan ini, data-data yang ada dapat didekripsi dengan kecepatan hingga satu byte dalam waktu satu menit. Selain itu, jika fungsi QoS diaktifkan, maka setiap serangan terhadap 1 paket akan menyebabkan terinjeksinya 15 paket yang terenkripsi lain.
AES (Advanced Encryption Standard) memiliki masukan dan keluaran 128 bit serta kunci 128,192 dan 256 bit. AES didesain dengan perbaikan yang jauh lebih baik dalam menghadapi analisis sandi dibanding DES. Sebagai contoh, DES dapat dipecahkan dengan analisis sandi linear dan diferensial dengan mengggunakan 243 pasangan plaintext/ciphertext yang diketahui atau menggunakan 247 pasang plaintext yang dipilih. Sedangkan AES yang terdiri dari 10 ronde terbukti mampu menghadapi analisis sandi tersebut cukup dengan 4 ronde saja. Tulisan ini akan menjelaskan bagaimana AES-128 didesain sehingga dapat dibuktikan bahwa algoritma ini tahan menghadapi analisis sandi tersebut.
WPA-PSK (Wi-Fi Protected Access – Pre Shared Key) adalah pengamanan jaringan nirkabel dengan menggunakan metoda WPA-PSK jika tidak ada authentikasi server yang digunakan. Dengan demikian access point dapat dijalankan dengan mode WPA tanpa menggunakan bantuan komputer lain sebagai server. Cara mengkonfigurasikannya juga cukup sederhana. Perlu diketahui bahwa tidak semua access point akan mempunyai fasilitas yang sama dan tidak semua access point menggunakan cara yang sama dalam mendapatkan Shared-Key yang akan dibagikan ke client. Pada access point Dlink DWL-2000AP, pemberian Shared-Key dilakukan secara manual tanpa mengetahui algoritma apa yang digunakan. Keadaan ini berbanding terbalik dengan akses point Linksys WRT54G,
dimana administrator dapat memilih dari dua algoritma WPA yang disediakan, yang terdiri dari algoritma TKIP atau algoritma AES. Setelah Shared-Key didapat, maka client yang akan bergabung dengan access point cukup memasukkan angka/kode yang diijinkan dan dikenal oleh access point. Prinsip kerja yang digunakan WPA-PSK sangat mirip dengan pengamanan
jaringan nirkabel dengan menggunakan metoda Shared-Key.
WPA dan WEP
Menerobos akses Wi-fi ini bisa dilakukan dengan memecahkan kode enkripsi. Teknik ini disebut dengan WEP Cracking. WEP kepanjangan Wired Equivalent Privacy atau juga sering disebut dengan Wireless Encryption Protocol. Menurut Sallahudin yang popular dengan nama Pataka di dunia maya, WEP merupakan protokol keamanan untuk jaringan wireless 802.11x. Desain WEP dimaksudkan untuk memberikan tingkat keamanan sebagaimana pada jaringan dengan kabel. Demi membobol protokol keamanan ini, seorang cracker bisa dengan simpel mempelajari tekniknya melalui internet. Cukup men-download programnya di internet, sedikit pengetahuan mengenai enkripsi, dan cracking itu bisa terjadi. Karena mudahnya, banyak tawaran metode di belantara jagat maya. Bahkan ada yang menawarkan kesuksesan menerobos WEP dalam 10 menit saja. Ada lagi metode menerobos dengan teknik WPA Cracking. WPA adalah Wi-Fi Protected Access, standar Wi-Fi untuk meningkatkan fitur keamanan pada WEP. Teknologi ini di desain untuk bekerja pada produk Wi-Fi eksisting yang telah memiliki WEP (semacam software upgrade). Kelebihan WPA adalah meningkatkan enkripsi data dengan teknik Temporal Key Integrity Protocol (TKIP). TKIP mengacak kata kunci menggunakan hashing algorithm dan menambah Integrity Checking Feature, untuk memastikan kunci belum pernah digunakan secara tidak sah. Pada WPA ini juga ada langkah otentifikasi user yang tidak tersedia di WEP. Melalui Extensible Authentication Protocol (EAP) maka wireless client harus melakukan otentikasi terlebih dahulu sebelum memasuki jaringan. WEP dapat membatasi akses ke jaringan berdasarkan MAC address yang spesifik untuk setiap perangkat. Tapi MAC address adalah sebuah kode yang mudah dideteksi melalui akses tidak sah dan dapat dengan mudah dipalsukan atau digandakan (spoofing MAC address). EAP memberikan solusi yang lebih aman dengan menerapkan Public Key Encryption System untuk memastikan hanya pengguna sah dapat memasuki jaringan.
Jangan lupa tulis komentar di sini yach.....