
Racangan Sistem Usulan
RANCANGAN SISTEM USULAN
A. Prosedur Order Penjualan
Setiap customer dapat memesan barang datang langsung atau melalui faximile dengan menyertakan dokumen PO yang diterima oleh bagian penjualan. Kemudian bagian penjualan berdasarkan PO, Mengecek jumlah pesanan dan status customer dengan stock barang yang berada di file barang dan status customer berdasarkan file customer. Apabila stock barang ada maka di lakukan proses pengentrian Transaksi nilai penjualan yang disimpan ke file faktur dan file isi faktur. Kemudian berdasarkan file faktur dan file isi_faktur dicetak ke dokumen Faktur penjualan ( 4 rangkap ) yang diberikan ke customer dan ke bagian Gudang.
B. Prosedur Pembayaran Tunai
Setelah Customer mendapat konfirmasi tentang pesanan pembelian disetujui, maka customer melakukan transaksi pembayaran melalui transfer uang ke bank yang ditunjuk dengan bukti setoran. Berdasarkan bukti setoran,
Bagian penjualan membuka transaksi pembayaran dengan membuka database penjualan ( file barang, file customer, file faktur dan file isi_faktur). Kemudian data pembayaran disimpan kedalam file bayar. Berdasarkan file bayar maka dilakukan pencetakan kwitansi ( dua rangkap).
Dokumen penjualan yang dihasilkan pada saat proses kedua ini didistribusikan ke beberapa bagian, yaitu sebagai berikut :
- Kwitansi Asli diberikan ke Customer.
- Copy Kwitansi diberikan ke Bagian Akunting.
C. Prosedur jurnal penjualan
Bagian penjualan melakukan proses up-date transaksi jurnal penjualan berdasarkan file bayar dan file perkiraan yang disimpan ke file jurnal.
D. Proses pengiriman barang
Bagian penjualan membuat dokumen surat jalan (SJ) berdasarkan database penjualan (file barang, file customer, file faktur dan file isi_faktur) yang disimpan dalam file SJ dan file isi_SJ. Dokumen SJ di berikan ke bagian pengiriman yang bertugas mengantar barang ke customer dan ke
Bagian Gudang sebagai buktibarang yang dikirim.
E. Proses pembuatan laporan
Setiap hari bagian penjualan membuat laporan penjualan harian dan kemudian pada akhir bulan, laporan bulanan dicetak sebagai dari rekapitulasi penjualan harian, dengan membuka filebarang, file customer, file faktur dan file isi_faktur. Dan pada setiap akhir bulan bagian penjualan juga membuat laporan penerimaan kas hasil penjualan tunai yang diserahkan ke
Bagian Akunting, laporan penerimaan kas ini dapat memanfaatkan file faktur dan file perkiraan serta file jurnal.
Spesifikasi Sistem Usulan
Bentuk dokumen masukan
Dokumen masukan yang digunakan pada sistem usulan adalah :
1. Purchase Order (PO)
2. Bukti Setoran (BKS)
3. Kartu Stok
a. Nama Dokumen : Purchase Order (PO)
Fungsi : Untuk melakukan pemesanan penjualan barang
Sumber : Customer
Tujuan : Bagian Penjualan
Media : Kertas cetakan
Jumlah : Satu lembar
Frekuensi : Setiap transaksi pemesanan penjualan barang
Elektronik
Bentuk :
Bentukan dokumen keluaran
Spesifikasi Bentuk Dokumen Keluaran
Bentuk Spesifikasi dokumen-dokumen keluaran yang digunakan pada sistem usulan, dapat berupa:
1. Faktur Penjualan (FP)
2. Surat Jalan (SJ)
3. Laporan Penjualan Harian
4. Laporan Penjualan Bulanan
b. Nama dokumen : Faktur penjualan
Fungsi : Sebagai dokumen transaksi penjualan barang
Elektronik
Sumber : Bagian penjualan
Tujuan : - Customer
- Kasir
- Bagian Akunting
- Bagian Gudang
Media : Kertas cetakan
Jumlah : Empat lembar
Frekuensi : Setiap hari selama terjadi transaksi penjualan
Bentuk :
Kamus data sistem usulan
Pembuatan kamus data sistem usulan ini diambil dari rancangan dokumen masukan dan dokumen keluaran yang diusulkan.
Misalnya salah satu dokumen keluaran pada sistem usulan adalah dokumen laporan penerimaan dan pemakaian bahan baku. Maka kamus data dari dokumen keluaran sistem usulan tersebut, sebagai berikut:
Kamus data dokumen keluaran laporan penjualan bulanan
Nama Arus Data : Laporan penjualan bulanan
Alias : -
Bentuk Data : Dokumen cetakan komputer
Arus Data : Proses 5.0 – manajer penjualan
Penjelasan : Laporan untuk mengetahui jumlah barang yang dijual kepada
Customer
Periode : Setiap Bulan
Volume : Rata-rata satu bulan sekali
Struktur Data : Header + Isi
Header = Bulan + Tgl_Laporan + No_Laporan
Tgl_Laporan = Tgl + Bln + Thn
No_laporan * Nomer urut laporan *
Isi = 1 { No_Faktur + Tgl_Faktur + Total_hrg + PPN + Total_pjn +
No_PO + Nm_Cust} 25
No_Faktur * 6 digit bertipe karakter*
Tgl_Faktur = Tgl + Bln + Thn
No_PO *6 digit bertipe karakter*
@No_Faktur
Jangan lupa tulis komentar di sini yach.....